HomeEdisi 22Wise Woman Edisi 22STOP MENJADI SUPERMOM BAGI ANAK ANDA

Article List

STOP MENJADI SUPERMOM BAGI ANAK ANDA

Sikap orang tua yang selalu berusaha menghindari anak dari penderitaan apapun.
Itu bukan cara didik yang BENAR! Melainkan didiklah mereka untuk menderita dengan baik!
Bukankah penderitaan harus dihindari apapun caranya?
BUKAN,.. karena penderitaan adalah hal yang NORMAL.

Faktanya memang anak manusia memiliki ketergantungan paling tinggi terhadap induknya dibandingkan dengan mamalia lainnya. Dimulai dari masa mengandung yang mencapai 266 hari, masa menyusui yang bisa mencapai 2 tahun dan masa mengasuh yang berlangsung dalam periode yang lama yaitu sampai anak dianggap dewasa atau mandiri secara mental. Itu sebabnya melindungi anak dari penderitaan merupakan tindakan yang alamiah dari seorang ibu terhadap anaknya. Terutama jika seseorang pernah mengalami masa-masa penuh penderitaan dimasa kanak-kanaknya, maka setelah hidupnya berubah menjadi lebih baik  dan memiliki anak, ia akan berusaha dengan segala macam cara supaya anaknya tidak perlu mengalami penderitaan seperti yang ia alami dahulu. Sampai batas ini, cukup wajar dan cukup baik, tapi pada kenyataannya tidak sedikit oran tua yang memiliki latar belakang seperti itu bertindak sangat ekstrim dengan berusaha menghilangkan sama sekali penderitaan yang dapat mengancam anaknya.

Berikanlah ‘theologia Penderitaan’ yang masuk akal kepada anak-anak anda. Pastikan mereka memahami realitas hidup ditengah dunia yang telah jatuh ini, Mereka perlu mengetahui dua fakta dasar dan tidak dapat diubah ini : (1) Hidup itu berat, tetapi Allah baik; dan (2) Hidup tidak adil, tetapi Allah berdaulat.

Anda tahu hidup itu berat, namun anak-anak mungkin berpikir tidak begitu seharusnya, terutama bila mereka percaya pada pesan yang mereka peroleh dari TV dan film, dimana sering orang tidak perlu menanggung akibat dari perbuatan dosa atau kesalahan yang mereka lakukan, bahkan tidak sedikit film Hollywood justru menampilkan ‘si pelanggar peraturan’ menjadi idola dan pahlawan. Bisa tetap hidup nyaman sekalipun telah melakukan pelanggaran.

Mungkin satu kali mereka akan datang kepada Anda dan menangisi akibat ketidak adilan yang mereka hadapi. Anda tidak dapat mengubah keadaan. Anda perlu mempersiapkan mereka untuk menghadapi kesulitan dan kedewasaan hidup. Mereka perlu mengetahui kepada siapa harus meminta pertolongan ketika hidup mengecewakan mereka. Pertama-tama kepada Anda dan setelah beranjak remaja, kepada Allah.

Tujuan utama anda berada di area penderitaan adalah supaya anak-anak anda dapat mengikuti teladan Yesus. “Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kami mengikuti jejakNya. Ia tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya. Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam’ 1 Pet 2 : 21-23. Ini merupakan kesempatan untuk mengajar anak-anak menanggapi penderitaan seperti halnya Yesus; menyerahkan diri mereka kepada Allah yang berdaulat yang menghakimi dengan adil. Allah akan mengambil situasi yang tidak adil, menyakitkan dan jahat dimana anak-anak anda hidup dan mencampurnya dengan kebaikan dan kedaulatanNya. Anak-anak perlu mengetahui bahwa mereka akan menderita, bahkan Yesus menjaminnya (Yohanes 16:33, “semuanya itu Kukatakan kepadamu supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kami menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”) tetapi Allah baik dan Dia yang memegang kendali. Ketidak adilan apapun yang mereka hadapi, pada akhirnya Allah yang akan membereskannya. Kesukaran apapun yang mereka lewati, Allah dapat memberi kekuatan melaluinya.
Oke.. tapi bagaimana menyiapkan mereka menghadapi penderitaan?

Ada 3 langkah yang perlu Anda lakukan ketika anak mendatangi anda dengan sedih karena penderitaan yang dialaminya :
Langkah pertama
Tanyakan apa yang mengganggu mereka dan beri mereka kebebasan (jangan langsung diberikan komentar) untuk menjawabnya dengan jujur. Ketika ada hal yang salah terlihat pada diri anak anda, tanyakan masalahnya kepada mereka. Setelah mereka bercerita berempatilah bagi mereka. Katakanlah hal-hal seperti :’Ya, mama dapat merasakan sakitnya. Situasinya memang berat.” Jangan masuk dengan memberikan koreksi dan penilaian, atau segera memberikan solusi kepadanya berdoalah dengan mereka. Berikan kesempatan kepada Allah. Ingatlah bahwa Anda tidak akan selalu berada disisi mereka, tetapi Allah. Undanglah Dia di dalam situasi yang sedang dihadapi anak Anda sehingga mereka dapat belajar cara melakukannya.

Langkah kedua
Menemukan dimana mereka menderita. Anda telah membuat mereka mengatakan apa yang mengganggu mereka. Sekarang cobalah mencari dibalik situasi bermasalah tersebut dan galilah akar permasalahannya. Disini pentingnya mendengar bukan hanya dengan telinga tepi dengan hati Anda. Ingat akan fungsi Roh Kudus yang diberikan kepada Anda sebagai penolong supaya anda dapat melakukan semua perintahNya. Salah satu perintahNya kepada Anda sebagai orang tua adalah mendidik anak di dalam jalan Tuhan. Ini adalah waktu yang paling tepat untuk anda sebagai orang tua berbahasa Roh didalam hati dan meminta hikmatNya. Dia pasti akan menunjukkan dimana letak permasalahannya.

Langkah ketiga
Menghubungkan penderitaan dengan Firman Tuhan dan mulailah membetuk cara pandang anak Anda. Langkah ini adalah langkah yang penting untuk mendidik dan mewariskan Nilai-nilai kebenaran Firman kepada anak anda.

(disadur dari buku effective parenting in a defective world karangan chip Ingram – World Teach)

Wise Woman

Girl's Talk

Easy to startPembinaan yang diadakan untuk setiap remaja putri sehingga setiap remaja putri bisa mengetahui fungsinya dan menjadi teladan dalam kehidupan mereka sehari - hari.

WB Single

Docs / SupportPembinaan yang di adakan untuk menjawab kebutuhan wanita yang belum menikah sehingga setiap wanita bisa mengetahui fungsinya dan menjadi teladan dalam kehidupan mereka sehari - hari.

WB Ibu

Native RTL SupportPembinaan yang di adakan untuk menjawab kebutuhan wanita yang sudah menikah sehingga setiap wanita bisa mengetahui fungsinya dan menjadi teladan dalam kehidupan mereka sehari - hari.

Free business joomla templates