BERUBAH BERSAMA KRISTUS

Butuh satu pembelajaran dan proses untuk wanita dapat terus bertumbuh didalam Tuhan, berfungsi dan menjadi teladan seperti kehendak Tuhan. Wanita perlu mengalami perubahan dari mengandalkan diri sendiri menjadi mengandalkan Tuhan yaitu dengan mengalihkan fokus kepada Allah.

Pikiran merupakan hal yang menjadi dsar atas segala tindakan yang kita lakukan karena itu perubahan pikiran/paradigma merupakan hal yang paling utama untuk dapat melakukan kehendak Allah dalam hidup kita.

Roma 12:2 menyatakan “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakan kehendak Allah, apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yagn sempurna.”

Rahab seorang wanita sundal, seorang wanita sundal, seorang wanita yang menjadi teladan dalam perubahan hidupnya. Rahab memulainya dengan mendengar Allah bangsa Israel yang maha Kuasa, kemudian mengalihkan keyakinannya kepada Allah dan melakukan tindakan iman dengan menyelamatkan para pengintai utusan yosua. Dampaknya : Rahab membagi berkat keselamatan bagi keluarganya. Tidak ada sesuatupun yang mustahil bagi Allah jika kita  mau berubah dalam tuntunanNya – Rahab yang tadinya seorang kafir dan wanita sundal dapat diubah bukan hanya jadi wanita yang baik tapi menjadi salah satu wanita namanya dicatat dalam garis silsilah Tuhan Yesus.

Dari kehidupan Rahab, dapat ditarik pelajaran sebagai berikut :

  1. Perubahan dimulai dari diri sendiri
  2. Perubahan merupakan suatu proses dimulai dari hal kecil dan berkembang menjadi hal yang besar
  3. Untuk melakukan perubahan terkandung beberapa unsur yaitu : – Komitmen untuk menentukan perubahan apa yang akan kita lakukan  – Kerendahan hati untuk melangkah dan belajar melewati proses perubahan  – ketekunan untuk terus bertahan dalam proses perubahand engan berfokus kepada Allah  – Iman dalam melakukan perubahan

Bagi saya yang merupakan tipe orang cermat dan terstruktur, berubah bukan hal yang mudah, segala sesuatu harus berjalan ideal sesuai standar dan prosedur. Hal ini sering menjadi kendala karena saat kondisi tidak sesuai dengan standar atau prosedur, saya cenderung bersikap “keukeuh” (ngotot) dan menyalahkan orang lain dan saya juga terluka.

Anugerah TUHAN yang luar biasa, DIA mengijinkan saya mengikuti pembinaan Wanita Bijak di Bandung tahun 2006 dan saat ini terlibat di pelayanan Wanita Bijak Single Bandung. Melalui pembinaan Wanita Bijak saya banyak mengalami proses pembelajaran dan mengambil komitmen untuk berubah. Saya mulai belajar untuk mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif, mengubah tuntutan menjadi mengenal hati dan kasih. Mempraktekkan hal tersebut tidaklah mudah, seringkali saya jatuh karena mengandalkan kekuatan sendiri, menangis karena hal tersebut bertentangan dengan ego. Saat hal tersebut terjadi saya belajar untuk kembali mengalihkan fokus kepada Allah dan bangkit lagi serta melangkah dengan iman bahwa Allah akan menolong saya untuk berubah seturut dengan kehendakNya. Dalam beberapa situasi Allah memampukan saya untuk memiliki hati yang lemah lembut dan sabar saat menghadapi kondisi yang tidak sesuai harapan atau saat menghadapi rekan-rekan yang memiliki cara pikir dan cara kerja yang berbeda. Kondisi bisa jadi tidak berubah, tetapi cara dan respon saya menanggapi berubah karena Allah yang jadi fokus dan bukan diri sendiri.

Bersyukur kepada Allah yang hingga saat ini terus melatih saya berubah melalui setiap situasi dan kondisi yang saya hadapi serta memberikan rekan-rekan seiman yang banyak memberi dukungan dan kekuatan bagi saya.

Melakukan perubahan dapat diawali melalui komunitas yang kecil, antara lain keluarga dan modul 2 Wanita Bijak. Di modul-2 Wanita Bijak, kita dapat saling mempraktekkan apa yang jadi komitmen perubahan dan dapat saling membantu untuk mengingatkan dan menguatkan bahkan seringkali teman-teman yang ada dalam satu kelompok dapat menjadi “alat” Tuhan dalam proses perubahan yang kita jalani. Kita belajar bersama-sama untuk mengalami perubahan bersama Allah.

Perubahan tidak dimulai dari orang lain tetapi dari diri kita sendiri. perubahan hanya dapat dilakukan jika kita bersama dengan Allah. Lakukan apa yang jadi bagian ktia dan Allah akan melakukan bagianNya, membuat kita berubah seturut kehendakNya untuk berfungsi, menjadi teladan dan saluran berkat bagi kemuliaanNya.

Yani – Tim WB Single Bandung

2018-07-26T10:06:23+00:00