Remaja & Memenangkan Jiwa

Amanat Agung di mata remaja

Ternyata banyak banget remaja yang nggak ngerti tentang Amanat Agung!! Nggak percaya?? Ini buktinya.. Aku mencoba bertanya tentang Amanat Agung pada temen-temen disekolah ataupun gereja, dan kebanyakan dari mereka nggak ngerti tuh apa artinya Amanat Agung. Wah sedih banget rasanya..

Tapi kalau diusust-usut yang salah bukan remajanya aja lho. Kebanyakan orang tua juga lupa untuk mengajarkan Amanat Agung pada anak-anak mereka, bahkan disekolah minggu Amanat agung jarang diberitakan.

Waktu kecil, orang tuaku juga nggak pernah ngajarin apa itu amanat agung. Aku baru tau ketika sedang membaca salah satu majalah rohani yang membahas tentang Amanat Agung. Padahal seharusnya orang tua dan gereja mengajarkan Amanat Agung karena itua dalah perintah dari Bapa dan guru yang Agung, Tuhan Yesus Kristus.

Apa sih Amanat Agung?

Amanat Agung tercatat dalam Mat 28:18-20 yang berisi perintah Tuhan untuk murid-muridNya sebelum Ia terangkat ke Surga. isi dari perintahnya untuk menjadikan semua bangsa muridNya dan membaptiskan mereka dalam namaNya. Dengan kata lain muridNya harus mengabarkan injil.

Wuih.. waktu itu Tuhan juga memberikan janji yang maniiis banget.. Dia berjanji akan menyertai mereka sampai pada akhir zaman… Sapa sih yang nggak mau?? Pasti mau lah… iya kan?!

Karena itu, kita sebagai muridNya Yesus terutama cewe-cewe kesayangan Bapa harus melakukan Amanat Agung dari Bapa kita donk. jangan nganggep kalo ngabarin Injil tuh cuma kerjaannya pendeta-pendeta.. karena kita adalah salah satu alat yang dipakai oleh Tuhan untuk memenangkan jiwa-jiwa yang selama ini hilang.

Melakukan Amanat Agung

Memenangkah jiwa ?? susah.. pasti itud eh yang sering terlontar di mulut-mulut kita, para remaja. padahal remaja tuh jangkauannya luaaas banget. banyak banget ladang yang bisa dituai. Nggak percaya? Coba deh, hitung berapa banyak teman yang ada disekitar kamu yang belum mengenal Tuhan? mulai dari temen sekolah atau pun di tempat les… Naah itu dia ladangnya!

Gimana caranya?! Itu juga pertanyaan yang favorit loh… padahal caranya itu nggak ribet-ribet amat… Ini salah satunya. Remaja, terutama kita cewe-cewe pasti punya banyak temen deket. mungkin ada yang sudah mengenal Tuhan dan ada yang belum. Kalo ada yang belom masa sih kita nggak pengen Dia juga dapet keselamatan dari Tuhan? pasti pengen kan?! Han! kalo gitu, kita harus berani menjadi saksiNya. Menjadi saksiNya dapat dilakukandengan menjadi teladan dalam tingkah laku kita sehari-hari. Kita harus mengenalkan Kasih Allah melalui perbuatan kasih kita. bagaimana kita peduli, mau mengerti dan membantu ketika ia membutuhkan bantuan dan tentu kita bisa jadi sahabat yang baik dan jangan lupa, kita mendoakannya.S elain itu kita harus mencerminkan pribadi Allah dalam tingkah laku kita. Disekolah misalnya kita nggak ikut-ikutan nyontek, ngomong kotor atau perbuatan-perbuatan nakal yang dilakukan temen-temen kita lainnya. Puji Tuhan kalau teman-teman kita mendukung sikap kit. Tapi kalo tidak kita mau belajar tetap berdiri dalam prinsip-prinsip Allah dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena itulah yang diinginkan Allah untuk kita lakukan.

Tau nggak, kalau kita ngelakuin hal-hal diatas tadi, lama-lama temen kita akan sadar kalo orang kristen bener-bener memiliki kasih yang tidak terbatas dan akan merasakan kasih serta damai sejahtera yang berasal dari Yesus. Setelah itu, kita menceritakan bahwa Yesus sudah mati untuk menebus dosa kita semua dan memberikan surga sebagai sebuah pemberian cuma-cuma dari Allah bagi siapa yang mau percaya sehingga ia bisa makin mengenal Yesus dan percaya kepadaNya.

Tapi, iblis emang nggak suka kalo kita berhasil membawa jiwa. karena itu, mengabarkan Injil juga terkadang membuat kita harus berani membayar harga. kadang-kadang kita dicap sebagai orang sok suci dan dikucilkan oleh teman-teman kita. Nggak usah sedih dan pusing dengan semuanya itu. Tetep inget satu hal : TUhan sudah berjanji untuk menyertai kita sampai pada akhir zaman. jadi mau kita sendirian di dunia inipun, nggak punya temen dan dikucilkan, kita tetep punya Raja yang Agung yang nggak pernah ninggalin kita sendirian.

Satu hal lagi yang tadi udah disebutin, jangan lupa mendoakan teman yang akan diinjili. Kita bener-bener mau dijadikan alat dari Tuhan. Karena kekuatan doa itu besar sekali. Mungkin buat temen-temen yang pemalu dan takut mengabarkan injil secara langsung, cerita ini bias menguatkan kalian.

Ketika itu ada seorang ibu yang memiliki kerinduan untuk memenangkan jiwa. Tapi ia bingung dan merasa tidak mampu jika harus berbicara pada orang lain tentang Yesus. Akhirnya ia membuat sebuah daftar  yang berisi nama teman-temannya yang belum percaya. Tiap malam, ia selalu berdoa untuk orang-orang tersebut, disebutkan satu-satu nama mereka dan ia berdoa agar mereka dapat mengenal Yesus. Hari demi hari berlau dan ia selalu menandai setiap nama yang telah mengenal Yesus. Sampai suatu hari ibu in menginggal. Ketika daftar itu dibuka, maka semua nama yang ada di daftar itu, telah ditandai semua yang berarti mereka semua telah mengenal Yesus.

Ketika aku mendengar cerita ini beberapa tahun lalu, aku benar-benar mendengar Yesus berkata, “Lihat, banyak yang bisa dilakukana gar semua orang mengenal Aku. bagi kamu yang mempunyai karunia berbicara, ceritakanlah Aku pada mereka. kalau kamu punya karunia berdoa, maka berdoalah untuk mereka.”

Temen-temen, bisa dilihat kan bagaimana cara0cara kita sebagai remaja dapat memenangkan jiwa. Kita bisa memenangkan jiwa teman-teman kita yang belum percaya, Tuhan pasti seneng banget. karena kita sudah melakukanAmanat Agung yang diperintahkanNya. Apalagi, buat remaja, sahabat adalah salah satu point penting yang pendapatnya selalu diperhitungkan. hal ini merupakan satu kemudahan lagi bagi kita untuk mengabarkan kabar baik ini!! Ayo cewe-cewenya Allah, kita ambil tekad kita mau untuk menceritakan Yesus pada teman-teman kita! Kita mau menjadi saksiNya dalam segala tindakan dan tutur kata kita sehingga makin banyak orang yang mengenal Dia.

 

2018-06-21T08:43:17+00:00